tari gambyong pangkur

Senin, 15 November 2010

Kirab Budaya R.Suman SH

Kirab budaya Padepokan Sehat Medika (SM) Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Senin (18/1) siang, berlangsung meriah. Ribuan warga menyaksikan di sepanjang rute kirab. Warga juga berharap mendapatkan berkah dari uang logam yang disebar Ketua Padepokan SM, R Suman Sri Husodo.

Kirap budaya menjadi tradisi untuk memperingati Hari Jadi Ke-30 Padepokan SM 1 yang ada di Desa Giripurno dan Hari Kadi Ke-17 Padepokan SM 2 di Desa Jatiluhur. Tradisi ini juga sebagai ritual selamatan untuk menghilangkan sengkala bagi masyarakat Kebumen.

Bagi yang percaya, uang yang diperoleh akan disimpan baik-baik karena bisa mendatangkan berkah tersendiri. Warga juga ngalap berkah dari tumpeng dan gunungan hasil bumi yang diperebutkan di depan Pasar Karanganyar.

Kirab budaya diawali dengan melakuakan ritual di Padepokan SM 2 Desa Jatiluhur, dilanjutkan dengan kirab prajurit berkuda. Ketua Padepokan SM, R Suman Sri Husodo, naik dokar diiring 25 dokar yang ditumpangi keluarga dan kerabat. Prosesi kirab juga dimeriahkan berbagai jenis kesenian tradisional.

Sepanjang rute kirab, R Suman Srihusodo, menebar uang logam. Masyarakat pun berebut mendapatkannya. Bagi yang percaya, uang yang diperoleh bakal disimpan baik-baik. Mereka percaya uang dari R Suman Srihusodo yang dikenal sebagai ahli pengobatan tradisional, bisa mendatangkan berkah tersendiri.

Kirab berakhir di Pasar Karanganyar. Tanpa dikomando, masyarakat langsung berebut tumpeng dan gunungan hasil bumi yang diangkut dengan kendaraan. Rebutan terjadi secara berantai karena yang berhasil mendapat banyak, akan direbut oleh warga yang tidak kebagian. (Suk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar